Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Teknologi Untuk Melayani Pelanggan Dengan Lebih Baik

 


Selama dua dekade terakhir, teknologi telah mengubah secara drastis setiap aspek kehidupan kita, termasuk bisnis. Jika Anda memiliki bisnis, kemungkinan besar Anda memanfaatkan berbagai bentuk teknologi untuk membantu Anda menjalankannya dengan lebih efisien. Namun, jika perusahaan Anda menjual produk ke pelanggan, Anda juga harus menggunakan teknologi yang meningkatkan pengalaman mereka. Berikut adalah lima teknologi yang dapat membantu Anda meningkatkan layanan pelanggan Anda.

 

  • Realitas maya

Augmented reality (AR) adalah teknologi yang melapiskan elemen digital ke dunia nyata menggunakan perangkat elektronik (mis. Smartphone) atau jenis perangkat lainnya. Saat digunakan oleh bisnis, teknologi ini memungkinkan pelanggan untuk menerapkan produk Anda ke dalam realitas mereka, memungkinkan mereka untuk "mencoba" produk Anda sebelum membelinya. Contohnya termasuk kacamata, pakaian, dan bahkan furnitur. Pelanggan dapat menggunakan AR untuk melihat bagaimana tampilan pakaian atau furnitur pada mereka atau di dalam ruangan.

Mengizinkan pelanggan Anda untuk mencoba produk Anda dengan cara ini (jika memungkinkan) dapat mengurangi jumlah pengembalian, sehingga pelanggan lebih bahagia. Namun, ada beberapa kelemahan menggunakan AR. Sebagai permulaan, biayanya cukup tinggi, dan tingkat keamanan siber yang lebih tinggi diperlukan untuk mencegah pelanggaran data. Selain itu, kecuali jika Anda menawarkan fitur ini di dalam toko Anda, pelanggan Anda harus memiliki perangkat yang dapat mengakomodasi acara virtual ini dengan mudah.

 

  • Chatbot

Chatbots adalah kotak obrolan bertenaga kecerdasan buatan (bertenaga AI) yang biasanya muncul di sisi kanan bawah situs web. Karena ini adalah alat layanan pelanggan online, Anda harus memiliki situs web untuk menggunakan teknologi ini. Chatbots ini tersedia untuk membantu pelanggan dengan masalah atau pertanyaan apa pun yang mungkin mereka miliki saat menjelajahi situs web Anda. Meskipun chatbot ini didukung oleh mesin, sebagian besar dapat menghubungkan pelanggan dengan orang sungguhan untuk masalah yang lebih kompleks.

 

  • Situs web untuk E-Commerce

Dalam hal situs web, banyak bisnis baru yang diluncurkan akhir-akhir ini adalah bisnis eCommerce, yang sepenuhnya beroperasi secara online. Hal ini juga sebagian besar dipicu oleh pandemi COVID-19, yang memaksa banyak bisnis batu bata dan mortir tutup, memaksa banyak orang untuk membatasi kontak dan beralih ke belanja online. Akibatnya, banyak bisnis bata-dan-mortir telah mengadopsi model hibrida yang memungkinkan pelanggan memesan secara online dan mengirimkan barang mereka ke rumah mereka. Pelanggan secara alami akan tertarik ke situs web Anda jika Anda menggabungkan belanja online dengan chatbots dan keamanan siber yang kuat.

Pertimbangkan situs web bisnis untuk membantu Anda dalam upaya pemasaran digital jika perusahaan Anda menjual layanan secara online. Dengan situs web, Anda dapat terlibat dalam taktik pemasaran pasif seperti pengoptimalan mesin telusur (SEO), yang mengarahkan pelanggan ke situs web Anda dan bahkan ke lokasi fisik Anda.

 

  • Perangkat Lunak yang Berpusat pada Pelanggan

Bagaimana jika Anda dapat lebih memahami persepsi pelanggan tentang perusahaan Anda? Di sinilah perangkat lunak CRM masuk. Solusi perangkat lunak ini memberi Anda informasi tentang bagaimana pelanggan Anda berinteraksi dengan perusahaan Anda dan bagaimana Anda berinteraksi dengan mereka. Itu juga dapat menunjukkan kepada Anda bagaimana Anda berinteraksi dengan pelanggan potensial, yang dapat memberikan wawasan tentang bagaimana Anda dapat mengubah mereka menjadi pelanggan yang sebenarnya.

Memiliki pemahaman tentang pelanggan saat ini dan calon pelanggan memungkinkan Anda meningkatkan pengalaman mereka dengan strategi Anda, sekaligus menguntungkan bisnis Anda. CRM dan solusi perangkat lunak lain dari reseller NetSuite adalah apa yang Anda butuhkan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dan meningkatkan kinerja bisnis Anda.

 

  • Realitas maya (VR)

Realitas virtual (VR) mirip dengan augmented reality (AR) karena Anda membenamkan diri dalam simulasi digital daripada melapiskan gambar digital ke dunia nyata. Meskipun VR tidak digunakan secara luas oleh bisnis seperti AR, VR dapat digunakan untuk memberikan pengalaman berbelanja yang lebih imersif kepada pelanggan. Meskipun demikian, dengan terciptanya MetaVerse, semakin banyak bisnis yang cenderung mengadopsi VR dalam beberapa cara dalam waktu dekat.

Seperti yang Anda lihat, teknologi jelas memiliki dampak positif pada cara pelanggan Anda berinteraksi dengan perusahaan Anda. Bisnis Anda sukses ketika pelanggan Anda memiliki pengalaman positif. Pertimbangkan untuk berinvestasi dalam satu atau beberapa teknologi ini untuk meningkatkan pengalaman pelanggan Anda—dan dengan demikian kesuksesan perusahaan Anda.