Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Melindungi File Word Dengan Kata Sandi

 


Hanya dalam beberapa langkah sederhana, Anda dapat mengamankan dokumen Word Anda dari pengintaian.

Biasanya merupakan ide bagus untuk melindungi pekerjaan Anda. Lagi pula, Anda tidak ingin siapa pun yang tidak berwenang membuka file penting Anda dan mencuri informasi penting. Karena banyak orang menggunakan Microsoft Office untuk pekerjaan sehari-hari, penting untuk memahami perlindungan keamanan yang diterapkan untuk dokumen tersebut.

Hari ini, kami akan menunjukkan cara melindungi kata sandi dokumen Word dan menjelaskan semua yang perlu Anda ketahui. Kami juga akan menunjukkan cara menggunakannya di Mac dan Windows, sehingga Anda dapat mengamankan dokumen Anda di mana pun Anda menggunakannya.

 

Perlindungan Kata Sandi Windows

Kebanyakan orang yang menggunakan produk Microsoft Office, termasuk Word, melakukannya di PC yang menjalankan Windows. Tidak ada bedanya apakah Anda menggunakan Word 2021, Word 2010, atau Word 365; prosesnya sama dan, seperti yang akan Anda lihat sebentar lagi, sangat cepat.


Untuk melindungi dokumen Word dengan kata sandi, cukup ikuti langkah-langkah sederhana ini:

  1. Buka dokumen Word yang ingin Anda lindungi dengan kata sandi.
  2. Buka menu File, buka Info, lalu pilih Lindungi Dokumen.
  3. Pilih Enkripsi dengan Kata Sandi dari menu drop-down.
  4. Masukkan kata sandi yang sesuai di formulir, lalu tekan kembali tombol enter untuk konfirmasi.
  5. Harap simpan dokumen tersebut.

 

Ada cara lain:

  1. Pilih Save As dari menu saat file Word terbuka.
  2. Pilih Alat dan Opsi Umum di bagian bawah jendela itu.
  3. Di layar ini, Anda dapat memasukkan dua kata sandi: Kata sandi untuk membuka dan Kata sandi untuk mengubah.
  4. Setelah selesai memasukkan kata sandi, klik OK (s).
  5. Lanjutkan untuk menyimpan dokumen Anda.

Dan begitulah! Dokumen Anda sekarang dilindungi kata sandi. Saat Anda membuka file untuk pertama kali, Word akan meminta Anda memasukkan kata sandi. Pendekatan ini kompatibel dengan semua versi Office yang dirilis setelah 2007.

 

Cara Mengenkripsi Dokumen Word di Mac

Menyiapkan kata sandi untuk dokumen Word Anda di Mac sangat mirip dengan melakukannya di Windows. Begini Cara kerjanya:

  1. Mulai dokumen Word.
  2. Pilih Tinjau, lalu Lindungi Dokumen.
  3. Kata sandi untuk membuka dan memodifikasi file dapat dimasukkan di bagian Keamanan. Untuk mengonfirmasi kata sandi, Anda harus memasukkannya lagi.
  4. Untuk menyelesaikan konfigurasi kata sandi, klik OK.

 

Perlindungan Kata Sandi 

Word Online, sayangnya, tidak mendukung file terenkripsi. Itu tidak mampu membuka file yang dilindungi kata sandi atau mengenkripsi dokumen Word. Untuk menyetel kata sandi pada salah satu dokumen Anda, buka di Word versi desktop dan gunakan salah satu metode yang dijelaskan dalam artikel ini. Hal yang sama berlaku untuk file di OneDrive Anda; karena ini hanyalah solusi penyimpanan cloud, Anda harus mengunduh file yang ingin Anda lindungi dengan kata sandi.

 

Kesimpulan

Seperti yang Anda lihat, membuat kata sandi untuk dokumen Office penting Anda, termasuk yang dibuat di Word, tidaklah sulit. Saat Anda melindungi kata sandi dokumen Word, Anda menambahkan lapisan keamanan lain ke pekerjaan Anda. Pekerjaan Anda aman dari pencurian ketika dokumen Anda aman, bahkan jika ada pelanggaran. Tentu saja, langkah-langkah keamanan lainnya, seperti menggunakan kata sandi yang kuat, diberikan.